Minggu, 02 Desember 2012

Bagaimana Cara Menanam Kaktus

  1. Untuk menanam kaktus, gunakan pot datar besar yang digunakan untuk tanaman lumut. Setelah itu masukkan potongan kecil sterofoam kedalam pot sebanyak seperempat pot untuk menyerap air. Siapkan juga pasir (pasir bangunan untuk membangun rumah, pasir juga harus dicuci dulu sebelum digunakan), sekam dan pupuk kandang (sebelum digunakan pupuk kandang harus disangrai) dengan perbandingan 1:2. Aduk-aduk hingga rata dan diamkan media tanam hingga kering. Jika daerah disekitar kamu lembab, gunakan pasir dengan butir yang lebih kasar. Sedangkan pupuk kandang yang bagus untuk kaktus adalah pupuk kandang campuran pupuk ayam dan kuda. Kamu juga bisa membeli media tanam di toko penjual tanaman.
  2. Setelah kering, kamu bisa mulai memasukan media tanam tadi kedalam pot hingga sterofoam terendam dan tidak terlihat lagi.
  3. kamu sudah bisa mulai menanam kaktus pada pot yang sudah berisi media tanam. Untuk mempercantik, sebaiknya posisinya diatur sedemikian rupa. Misalnya tanaman kaktus yang cepat tumbuh tinggi kita tanam dipinggir pot. Sedangkan yang pendek bisa kita tanam ditengah-tengah atau diantara tanaman kaktus yang mudah meninggi.
  4.  Setelah kaktus ditanam, berikan pasir malang yang bisa kamu beli di toko atau penjual tanaman. Lalu taburi juga dengan batu-batuan yang berukuran kecil diantara kaktus.
  5. Jika sudah selesai, biarkan tanaman kaktus selama seminggu penuh tanpa perawatan dan tanpa disiram agar tanaman kaktus bisa beradaptasi dengan lingkungan atau media tanam yang baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar